Membandingkan Bilangan
Membandingkan Bilangan
Tujuan Pembelajaran :
Siswa diharapkan dapat :
- Membandingkan bilangan secara benar.
Membandingkan bilangan adalah upaya untuk menemukan
perbedaan atau persamaan jumlah antara dua buah bilangan, benda, dan lain
sebagainya. Sedangkan mengurutkan bilangan adalah suatu cara untuk merangkai
jumlah benda, bilangan atau apapun yang dapat dirangkai dalam urutan tertentu.
Dalam pembahasan ini diharapkan siswa dapat melakukan proses perbandingan bilangan secara benar terlebih dahulu baru
kemudian dilanjutkan dengan mengurutkan bilangan – bilangan tersebut dengan
lebih teliti.
1. Membandingkan Bilangan
Di bawah ini adalah benda – benda yang
dimiliki Fikri, Handy, Rendi dan Halim. Ayo hitung dan bandingkan banyaknya.
Jeruk siapa yang lebih banyak?
Untuk melakukan perbandingan jumlah,
terlebih dahulu siswa harus dapat melakukan penghitungan secara tepat. Lalu
kemudian dapat menentukan jumlah jeruk mana yang lebih banyak. Untuk menuliskan
hasil perbandingan siswa dapat menggunakan tanda > (lebih dari) untuk menentukan jumlah yang lebih banyak.
Maka,
Pada contoh gambar di atas jumlah buku Reni
sama dengan jumlah buku Halim. Siswa dapat menggunakan tanda = (sama dengan) untuk menunjukan jumlah
benda yang sama.
Tanda <
(kurang dari) dapat digunakan untuk menunjukan perbedaan jumlah benda yang
lebih sedikit dari jumlah benda lainnya. Contohnya seperti di bawah ini.
Karena jumlah pensil Fikri lebih sedikit
dari jumlah pensil Halim maka,
Dengan memahami pembahasan perbandingan bilangan seperti telah dijabarkan di atas, diharapkan siswa dapat dengan teliti membandingkan jumlah antara dua benda yang berbeda. Pembahasan di atas juga memiliki tujuan agar siswa dapat menggunakan tanda perbandingan seperti > (lebih dari), < (kurang dari) dan = (sama dengan) dengan tepat.






Bukan seperti ini
BalasHapusBukan seperti ini
BalasHapusBukan kayak gini maksud nya !
BalasHapus